Rekomendasi Wisata di Kota Palembang, Kota Tertua di Indonesia

Rekomendasi Wisata di Kota Palembang, Kota Tertua di Indonesia

Kota Palembang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan. Kota yang terkenal dengan sebutan kota pempek ini, ternyata tidak hanya menjadi kota yang memiliki beragam kuliner.

Namun, Palembang juga banyak menyajikan beberapa destinasi wisata yang menawan dan juga destinasi wisata bersejarah.Jadi salah satu kota tertua di Indonesia, Palembang merupakan wilayah peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang menyimpan sejuta warisan budaya.

Nah, kalau kamu berencana liburan ke Palembang, berikut rekomendasi destinasi atau tempat wisata di Palembang yang menarik ini dan wajib masuk wishlist kamu!

  1. Jembatan Ampera
    Jadi ikon Palembang, rasanya kurang afdol kalau gak berkunjung ke Jembatan Ampera. Dibangun sejak 1965, jembatan ini menghubungkan dua daerah, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan Sungai Musi.
    Demi menyambut Asian Games 2018, Jembatan Ampera direnovasi jadi makin cantik. Ada bangku-bangku di pinggirnya dan jam analog raksasa yang ditempatkan di menara jembatan. Wajib foto-foto, deh! 
  2. Pulau Kemaro
    Pulau Kemaro merupakan salah satu destinasi wisata yang unik dan menawan karena berada di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro, Anda akan menjumpai Pagoda yang berlantai 9 dan juga Klenteng Hok Tjing Rio. Anda disarankan untuk mengunjungi Pulau Kemaro ketika memasuki Cap Gomeh karena akan banyak atraksi yang bisa Anda saksikan di Pulau Kemaro.
  3. Museum Balaputradewa
    Museum Balaputradewa adalah salah satu museum di Indonesia yang menyimpan koleksi pra-sejarah dan menyimpan sisa-sisa kejayaan Sriwijaya. Fun fact dari museum ini adalah rumah limas yang ada di museum ini sangat mirip dengan rumah limas yang ada pada uang pecahan 10 ribu rupiah.
  4. Masjid Cheng Ho Palembang
    Ada sebuah masjid unik yang memiliki bangunan dengan unsur Cina, Arab, dan Palembang. Konon katanya, Laksamana Cheng Ho asal China sempat berkunjung ke Palembang dan menyebarkan Islam. 
    Tempatnya Instagramable, masjid Cheng Ho Palembang memiliki bangunan yang didominasi warna merah. Keren ya?
  5. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
    Bangunannya unik, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berbentuk Rumah Limas khas Palembang. Museum ini cukup dekat dengan Monumen Perjuangan Rakyat, tinggal jalan kaki saja.
    Kamu bisa mengajak keluarga besar ke museum ini, karena akan ada banyak peninggalan sejarah dan budaya. Ada koleksi tekstil senjata, pakaian tradisional, kerajinan, dan koin Sumatera Selatan.
    Gak cuma itu, ada pula artefak peninggalan dari zaman Sriwijaya, seperti patung Ganesha dan Buddha. Kamu cuma perlu membayar tiket seharga Rp5.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak saat ke sini. Bukanya pukul 08.00-16.00 setiap harinya.
  6. Wisata Alam Punti Kayu
    Punti Kayu adalah tempat wista satu-satunya di Kota Palembang yang menawarkan wisata alam hutan. Punti kayu memiliki pemandangan yang indah dan memiliki udara yang sejuk karena banyak pepohonan rimbun.
  7. Sekanak Sidewalk
    Sekana Sidewalk merupakan spot wisata baru di Palembang. Pemerintah setempat mengubah tempat ini untuk menyambut Asian Games 2018. Jalan dan temboknya warna-warni, tempat ini tampak Instragamable banget. 
  8. Alquran Al Akbar
    Ada juga wisata religi yang menarik di Palembang, salah satunya tempat Alquran raksasa. Letaknya di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Alquran ini terbuka untuk umum.
    Totalnya 30 juz ayat suci Alquran yang diukir di atas kayu. Ukurannya sekitar 1,7 x 1,4 meter dan disusun hingga lima lantai. Kalau ke sini, pengunjung harus memakai pakaian yang menutup aurat dan melepas alas kaki. 
  9. Air Terjun Maung
    Destinasi alam di Palembang juga gak boleh terlewatkan. Ada Air Terjun Maung yang memiliki tinggi hampir 80 meter.
    Air terjun ini mengalir dari tebing yang hijau. Udaranya sejuk banget, cocok jadi tujuan piknik bersama keluarga. Bakal seru, deh!
  10. Benteng Kuto Besak
    Benteng Kuto Besak merupakan sebuah kompleks keraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang. Lokasinya berada di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin, 19 Ilir, Bukit Kecil. Benteng ini sudah ada sejak abad ke-18, tak heran banyak peninggalan sejarah di sini.
    Percaya atau tidak, kabarnya benteng ini dibangun dari putih telur yang dicampur batu kapur sebagai perekat bata. Pengerjaannya berlangsung selama 17 tahun, lho. 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Kota Palembang Selain Pempek yang Nggak Kalah Sedap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.