Rekomendasi Kuliner Kota Palembang Selain Pempek yang Nggak Kalah Sedap

Rekomendasi Kuliner Kota Palembang Selain Pempek yang Nggak Kalah Sedap

Kota Palembang merupakan ibukota Sumatera Selatan sekaligus kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Selain dikenal sebagai kota tertua, Palembang juga dikenal dengan kulinernya yang lezat. Sebut saja pempek yang tak bisa dipungkiri kelezatannya yang dipadukan dengan kuah cuko khas Palembang.

Tentu Palembang tak hanya punya kuliner pempek yang dapat dibanggakan. Masih banyak kuliner khas lain yang perlu dicoba saat berkesempatan menyambangi kota tertua di Indonesia ini.

Bila menengok dari catatan sejarah, wisata kuliner di kota Palembang, Sumatera Selatan kental dengan budaya Melayu dan Tionghoa. Jangan heran kalau makanan khas Palembang yang populer tidak jauh-jauh dari sentuhan bumbu kedua budaya tersebut.

  1. Martabak Palembang
    Makanan khas Palembang yang populer ada jenis martabak. Salah satu martabak yang melegenda di Palembang adalah Martabak Har. Martabak ini sudah berdiri sejak 1947. Martabak Har punya ciri khas siraman saus kari dengan rempah yang gurih dan pedas.
  2. Salai Ikan
    Kalau selama ini kita akrab dengan sale pisang, di Palembang ada sale unik yang terbuat dari ikan. Makanan khas Palembang yang populer satu ini pun cita rasanya tidak manis, melainkan gurih dengan aroma khas ikan asap.
    Makanan khas Palembang yang populer ini dibuat dari ikan gabus, patin, atau lais yang diawetkan lewat proses pengasapan. Tapi makanan khas Palembang satu ini tak bisa langsung dimakan. Kamu harus memasaknya dengan cara digoreng biasa atau dibumbui sesuai selera.
  3. Tekwan
    Tekwan sering disebut sebagai baksonya Palembang. Makanan ini dibuat dengan menggunakan bumbu yang hampir serupa dengan pempek. Tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang yang gurih dan sedap. Bentuk adonan tekwan kecil-kecil, mirip seperti bakso ikan. Selain diberi kuah kaldu udang, tekwan juga dilengkapi dengan bawang goreng, daun seledri, daun bawang, potongan bengkuang, bihun, dan jamur kuping.
  4. Celimpungan
    Makanan ini sering muncul untuk meramaikan Hari Raya Idul Fitri. Dilansir dari Antara pelimpungan dibuat dengan bahan dasar yang serupa dengan pempek dan tekwan, yaitu dari adonan ikan dan sagu. Perbedaannya dengan pempek hanya dari bentuk dan kuahnya.
    Kalau tekwan menggunakan kuah kaldu udang, celimpungan menggunakan kuah kari sebagai pelengkapnya.
  5. Kue Maksuba
    Ada dua kue unik khas Palembang yang dibuat dengan banyak campuran telur bebek, salah satunya kue maksuba. Makanan khas Palembang yang populer ini dibuat berlapis-lapis, satu adonan kue maksuba membutuhkan hampir 30 butir telur bebek.
    Akan tetapi, jangan takut bau amis, proses pemasakannya cukup lama ditambah aroma wangi mentega yang menyamarkan amis telur.
    Makanan khas Palembang yang populer ini biasanya disajikan secara khusus untuk momen tertentu atau tamu kehormatan. Kata ‘maksuba’ sendiri diambil dari bahasa daerah asli yang memiliki makna ‘penyampaian rasa hormat’.
  6. Gogo-Godo
    Makanan khas Palembang yang populer dan mirip pempek lainnya yang harus dicoba adalah Godo-Godo. Dari namanya, jangan terkecoh menganggapnya kuliner ini adalah Gado-gado, ya.
    Godo-Godo dibuat dengan adonan mirip pempek namun menggunakan udang sebagai bahan dasarnya.
    Makanan khas Palembang yang populer ini biasa dinikmati bersama kuah pempek yang terbuat dari cuka dan gula merah. Godo-Godo bisa ditemukan di pedagang gorengan keliling di pinggiran jalan kota Palembang. Godo-Godo juga bisa ditemukan di Pasar Cinde.
  7. Laksan
    Laksan merupakan makanan khas Palembang yang populer dari olahan pempek lenjer tebal, dipotong melintang dan kemudian disiram kuah santan pedas. Sekilas tampilan laksan mirip dengan lontong sayur. Salah satu warung laksan yang terkenal di Palembang adalah Laksan Kaito yang berada di alan Kapten Anwar Arsyad, No. 999, Palembang.
  8. Lempok Durian
    Sesuai dengan namanya, makanan khas Palembang yang populer satu ini berbahan dasar durian. Lempok durian ini seringkali dijadikan oleh-oleh makanan khas Palembang.
    Bentuknya seperti dodol namun memiliki cita rasa yang lebih manis dan legit. Ini dihasilkan dari proses pemasakan yang cukup lama dengan tungku kayu bakar. Rasa manis dipadu dengan aroma duriannya dijamin bikin ketagihan!
  9. Burgo
    Burgo merupakan makanan khas Palembang yang populer berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris dan dinikmati dengan kuah santan. Tempat paling nikmat menikmati burgo adalah di Warung Aba yang berlokasi di Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang.
  10. Mie Celor
    Makanan khas Palembang yang populer berbahan mi ini sering disamakan dengan spageti asal Italia. Dari bentuknya, diameter Mi Celor hampir sama dengan spageti yang lebih besar dibandingkan mi pada umumnya.
    Perbedaannya, Mi Celor disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih. Makanan ini biasanya menjadi salah satu menu sarapan warga Palembang sejak zaman dulu.
    Makanan khas Palembang yang populer ini dibuat dari tepung terigu ini memiliki tekstur yang padat dan sangat mengenyangkan jika disantap di pagi hari. Apalagi, kuah mi menggunakan bahan dasar santan kelapa segar. Potongan telur ayam bulat juga menjadi ciri khas mi ini.

Baca juga: Sah Berkunjung ke Bali Kalo Udah Nyicipin Makanan Khas Bali Berikut Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.