Nggak Perlu Insecure! Ini 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Nggak Perlu Insecure! Ini 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan remaja. Bahkan, masalah yang satu ini bisa saja mengikuti sampai seseorang telah beranjak dewasa. 

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri. Berbagai cara mengatasi jerawat bisa dilakukan, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan kulit ke dokter.
Selain tak boleh malas menjalani perawatan kulit, pemilik kulit berjerawat juga perlu memperhatikan gaya hidup sehat.

10 bahan alami menghilangkan jerawat

Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

  1. Minyak Tea Tree
    Dilansir dari Healthline, minyak tea tree berkhasiat untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan kulit. Cara menghilangkan jerawat dengan minyak tea tree cukup mudah. Campurkan satu tetes minyak tea tree dengan satu sendok teh minyak carrier atau pengencer khusus. Celupkan kapas ke dalam campuran minyak tersebut, lalu oleskan ke jerawat. Gunakan obat jerawat alami ini satu atau dua kali sehari.
  2. Putih Telur
    Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Cara dengan memisahkan putih telur dari kuningnya dan dicampur dengan air perasan lemon. Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.
  3. Es Batu
    Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.
  4. Minyak Jojoba
    Menurut jurnal Polymers (Basel), minyak jojoba dapat menembus folikel dan menghilangkan komedo, sehingga dapat menghilangkan jerawat. Minyak jojoba efektif dalam memperlambat produksi sebum berlebihan yang menyebabkan jerawat.
  5. Teh Hijau
    Kandungan antioksidan flavonoid dan tanin dalam teh hijau bermanfaat untuk membantu melawan peradangan dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) juga terbukti melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat P. acnes.
    Seduh teh hijau dengan air mendidih selama tiga menit, lalu oleskan atau semprotkan ke wajah ketika sudah dingin.
    Biarkan selama 10 menit, baru bilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, gunakan dua kali sehari.
  6. Lidah Buaya
    Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit. Jika kamu rutin menggunakannya, bahan alami yang satu ini mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh. Caranya dengan memakai masker dari gel lidah buaya, kemudian diamkan selama setengah jam. Lalu, bilas dengan air bersih.
  7. Madu
    Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.
    Untuk memanfaatkan madu sebagai masker jerawat, campurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.
  8. Mentimun
    Mentimun mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino di dalamnya. Kandungan-kandungan ini dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Aplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.
  9. Cuka Apel
    Cuka apel dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat. Kandungan asam tinggi dalam cuka apel dapat membantu mengangkat sel kulit mati biang jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel yakni encerkan satu sendok cuka apel dengan empat sendok air bersih. Usapkan campuran ini kulit yang sudah bersih sebagai pengganti toner. Perlu diingat, pemakaian cuka apel perlu berhati-hati. Jangan digunakan apabila kondisi kulit sensitif.
  10. Alpukat
    Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Caranya dengan menghaluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu dapat mencampurnya dengan madu. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Baca juga: Tahapan Skincare untuk Pemula yang Wajib Diketahui agar Kulit Glowing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.