Yuk, Pameran Date Ke Distrik Seni X Sarinah

Yuk, Pameran Date Ke Distrik Seni X Sarinah

Distrik Seni yang berada di lantai enam Sarinah Thamrin resmi dibuka untuk publik umum pada 1 Juni 2022. Di tengah situasi transisi pandemi ke endemi, geliat seni semakin terbuka.

Ruang Distrik Seni X Sarinah dirancang untuk menjadi sebuah ekosistem seni rupa berkelanjutan di Ibu Kota.

Berdirinya Distrik Seni diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

Distrik Seni menjadi kolaborasi yang pertama di Indonesia yang mempertemukan konsep kerja budaya (cultural practices) dengan pasar seni (art market) yang dirancang untuk menjadi sebuah ekosistem seni rupa berkelanjutan di Ibu Kota DKI Jakarta.

“Diluncurkan bertepatan dengan hari lahir Pancasila, kami berharap Program Distrik Seni X Sarinah dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia yang sempat terpukul selama pandemi dengan membawa semangat berdikari dari Bung Karno sesuai dengan tema pada season pertama kami,” jelas Farah Wardani, Penata Artistik Distrik Seni dalam sesi gelar wicara bersama media.

Pihaknya lanjut Farah, optimistis jika Distrik Seni X Sarinah mampu mewujudkan kolaborasi ekosistem seni untuk menjadi wadah berkreasi, eksperimentasi, dan penjualan karya seni sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

Anak muda sebagai penikmat seni

Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, mengatakan sekarang ada tren positif anak muda lebih peduli dengan pelestarian seni dan budaya.

“Mereka memiliki ketertarikan untuk mengunjungi pameran seni dan budaya sebagai sarana bersosialisasi. Tren positif ini dapat mendorong milenial yang awalnya hanya sebagai penikmat seni, dapat menjadi kolektor seni,” katanya.

Di musim pertama, Distrik Seni menghadirkan pameran seni Berdikari yang menampilkan karya dari maestro A.D Pirous, Sunaryo, Dolorosa Sinaga, Sri Astari, hingga kolektif Gardu House, Rux Container, dan Tromarama.

Pameran seni berlangsung pada 2 Juni sampai 22 Agustus 2022 di Ruang Dr. Ir. Soekarno yang berlokasi di Sarinah Lantai 6, Jl M.H. Thamrin No.11, Jakarta.Karya

Apa saja karya yang dipamerkan?

Distrik Seni X Sarinah menampilkan lebih dari 230 karya seni. Karya-karya ini berasal dari banyak seniman. Mulai dari seniman-seniman komunitas hingga seniman kenamaan Indonesia.

Karya yang ditampilkan terbagi ke dalam dua kategori. Yakni karya individu dan karya kolektif. Karya individu merupakan karya yang ditampilkan di bawah nama seniman pembuatnya. Tidak menjadi bagian dari kumpulan karya sebuah komunitas.

Salah satu karya individu yang dihadirkan adalah karya berjudul Kosong dari MangMoel. Karya ini bercerita mengenai keadaan ekosistem bawah laut. Didominasi warna abu-abu dan hitam untuk menunjukkan kondisi alam yang tak lagi berwarna.

Tokoh utama dari karya ini adalah karakter khas dari MangMoel yang bernama Mogus. Yaitu Monster Gurita Sigarantang. Dalam karya ini Mogus ditampilkan dengan warna hitam. Karya ini didominasi oleh hasil kerajinan tangan rajut yang dibuat oleh para ibu rumah tangga.

Selain itu, ada pula ruangan-ruangan dengan karya kolektif. Yaitu kumpulan karya dari perupa yang tergabung dalam sebuah komunitas atau institusi kesenian.

Salah satunya yaitu karya kolektif dari Rakarsa Foundation. Karya ini berjudul Alas Sangkan Paran yang berarti rimba asal dan tujuan. Karya seni ini merupakan hasil dari para perupa perempuan asal Bandung.

Karya seni yang ditampilkan di Distrik Seni X Sarinah sangat bervariasi. Ada karya grafiti dari Gardu House. Memamerkan showcase yang menampilkan berbagai karya dari seniman yang tergabung dalam komunitasnya.

Hingga karya dari Eko Nugroho yang memanfaatkan limbah plastik. Eko Nugroho mencoba bereksperimen untuk mengolah sampah dan limbah plastik menjadi materi karya. Karya ini membahas mengenai keberlanjutan dan pemberdayaan materi karya seni yang ramah lingkungan.

Harga tiket

Distrik Seni buka sejak 2 Juni hingga 22 Agustus 2022. Selama masa promosi, harga tiket mulai dari Rp 35.000 untuk anak-anak dan pelajar dan Rp 50.000 untuk dewasa. Tiket dapat dibeli langsung di lokasi maupun dipesan melalui laman resmi Distrik Seni (distrikseni.com).

Selain eksibisi karya, Distrik Seni X Sarinah juga menghadirkan beragam workshop. Namun, untuk mengikuti workshop ini pengunjung perlu memesan tiket khusus. Umumnya harga tiket untuk workshop berada di kisaran Rp 360.000.

Baca juga: Hore! Pesta Kesenian Bali 2022 Sebentar Lagi, Akan Dibuka Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published.