Sah Berkunjung ke Bali Kalo Udah Nyicipin Makanan Khas Bali Berikut Ini!

Sah Berkunjung ke Bali Kalo Udah Nyicipin Makanan Khas Bali Berikut Ini!

Bali sebagai tempat wisata dilengkapi pula dengan makanan khas yang bisa patut masuk daftar kulineran.

Sebagai informasi, makanan Bali berasal dari perpaduan budaya China, India, dan Timur Tengah. Maka dari itu, makanan khas Bali dan sejarahnya tak lepas dari bumbu masakan dari ketiga budaya tersebut. Ciri khas dari makanan beli terletak dari bumbu dasar yang digunakannya.

10 rekomedasi makanan khas Bali yang wajib dicoba

Berikut ini makanan khas Bali yang wajib kamu coba jika sedang berwisata, kamu akan sah berkunjung jika sudah mencoba makanan khas Bali ini.

  1. Ayam Betutu
    Makanan ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Olahan ayam yang satu ini memang selalu mampu menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Ayam betutu diolah dengam bumbu rempah seperti daun jeruk, serai, daun salam, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri, dan rempah lainnya yang membuat rasanya semakin kaya.
  2. Sate Lilit
    Berbeda dengan sate pada umumnya. Biasanya potongan dagingnya ditusuk, tapi sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri.
  3. Nasi Campur Bali
    Hidangan ini adalah hidangan nasi yang dilengkapi dengan aneka lauk pelengkap. Aneka lauknya semua berbumbu khas Bali, ada sayuran hingga protein hewani. Tidak ketinggalan ada sambal matah.
  4. Nasi Jinggo
    Nama makanan khas Bali selanjutnya yang terdengar unik yaitu nasi jinggo. Jika dlihat sekitas, makanan ini mirip dengan nasi kucing. Akan tetapi rasa dari nasi jinggo ini lebih gurih dan lebih pedas. Biasanya nasi jinggo khas Bali ini akan disajikan dengan sate lilit, daging, mie, sambat goreng tempe, dan tentu saja sambal sebagai pelengkapnya.
  5. Babi Guling
    Walau makanan ini tidak halal bagi umat muslim, tapi makanan inilah yang banyak dicari para wisatawan lokal ataupun luar negeri. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner wajib.
  6. Serombotan
    Serombotan bisa dibilang merupakan hidangan mirip urap yang berbahan utama sayuran. Bedanya, sayuran pada serombotan terdiri dari bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, tauge, terong bulat, dan pare. Bumbunya juga khas Bali, antara lain kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang pedas. Serombotan bisa disantap sebagai makanan sepinggan atau dilengkapi dengan nasi dan tipat.
  7. Bubur Mengguh
    Bubur mengguh terdiri dari bubur, ayam suwir, potongan ayam dengan bumbu rempah yang disiram kuah kaldu ayam kental. Bubur mengguh berasal dari Buleleng di kawasan utara Bali.
  8. Rujak Buleleng
    ika di Jakarta ada rujak Betawi maka saat datang ke Bali Anda bisa mencicipi rujak Buleleng khas Bali. Makanan ini dibuat dari berbagai buah yang potong kecil kemudian disiram dengan bumbu rujak yang pedas dan segar. Yang membedakan rujak ini dengan rujak lainnya terletak pada bumbu yang digunakan. Bumbu rujak buleleng terbuat dari cuka, gula aren asli buleleng, terasi, garam, cabai rawit, dan pisang batu. Bahan dari pisang batu ini ditambahkan untuk menghasilkan cita rasa yang sepat sehingga menghasilkan makanan dengan rasa yang komplit.
  9. Tum Ayam
    Tum ini adalah sejenis pepes, terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua campuran dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Kalau bosan dengan daging ayam, tum juga bis disajikan dengan daging bebek dan lainnya, kok.
  10. Bebek Timbungan
    Bebek timbungan dimasak dalam waktu cukup lama sekitar 12 jam bersama rempah pilihan. Bebek diungkep dengan rempah selama minimal 4 jam, setelah itu dikukus minimal 8 jam. Prosesnya lama karena menggunakan bebek tua yang dimasak dengan api kecil. Durasi memasak yang lama membuat tekstur bebek empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Baru Bali yang Nggak Itu-itu Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.