Kasus Positf Covid-19 Naik 31 Persen dalam 3 Pekan Terakhir

Kasus Positf Covid-19 Naik 31 Persen dalam 3 Pekan Terakhir

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kasus positif Covid-19 mengalami kenaikan 31 persen dalam tiga pekan terakhir. 

“Jika dilihat pada grafik kasus positif Covid-19 mingguan terjadi kenaikan 571 atau 31 persen dari kasus tanggal 22 Mei 2022, itu dari 1.814 menjadi 2.385 kasus mingguan,” kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal YouTube BNPB, Rabu (8/6/2022).

Lebih lanjut, Wiku membeberkan lima provinsi yang menjadi penyumbang tertinggi kasus aktif dalam tiga hari terakhir. Kelima provinsi tersebut yakni DKI Jakarta mengalami kenaikan 30 persen, Banten 38 persen, Jawa Barat 18 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 45 persen, dan Jawa Timur 37 persen.

“Meskipun mengalami kenaikan kasus aktif namun masih cenderung menunjukkan penurunan angka kematian dan masih terjaganya persentase BOR di bawah 3 persen,” kata Wiku.

Wiku meminta seluruh kepala daerah di lima provinsi tersebut agar mewaspadai terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk tetap menggunakan masker dan rajin mencuci tangan agar terhindar dari penularan.

“Dimohon pula kepada seluruh masyarakat untuk segera vaksinasi dosis ketiga bagi yang belum untuk semakin meningkatkan kekebalan komunitas,” pungkasnya.

Pemerintah juga telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 hingga 3 untuk menekan laju penyebaran Corona. Warga diminta menaati aturan yang diberlakukan selama PPKM agar pandemi virus Corona dapat teratasi.

Baca juga: Kesembuhan Covid-19 terus menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published.