Jakarta Masih PPKM Level 1 hingga 4 Juli 2022

Jakarta Masih PPKM Level 1 hingga 4 Juli 2022

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 1 di Jakarta. Kebijakan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 tentang PPKM Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

“Khusus kepada Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 1,” demikian bunyi instruksi tersebut.

PPKM Level 1 Jakarta diperpanjang sejak 7 Juni hingga 4 Juli 2022. Sebelumnya, pemerintah telah menurunkan status PPKM Jakarta dari level 2 ke level 1 mulai 24 Mei-6 Juni 2022.

Adapun selama pelaksanaan PPKM level 1 di jakarta, masyarakat diperbolehkan melepas masker saat berada di area terbuka dalam kondisi tak padat orang.

“Penggunaan masker dengan benar dan konsisten adalah protokol kesehatan paling minimal yang harus diterapkan setiap orang. Namun apabila masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang diberlakukan ketentuan dapat tidak menggunakan masker,” demikian kutipan Inmendagri tersebut. Sementara itu, masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek tetap harus menggunakan masker saat beraktivitas di area terbuka. Adapun masyarakat yang masuk kategori rentan atau lansia, atau memiliki penyakit komorbid, disarankan untuk tetap menggunakan masker meski berada di area terbuka. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan regulasi baru soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 1 di Ibu Kota. Dalam aturan itu, restoran atau kafe diizinkan buka malam hari hingga 02.00 WIB.

“Dapat menerima makan di tempat (dine in) dengan jam operasional pukul 18.00 sampai dengan maksimal pukul 02.00 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” demikian bunyi aturan baru PPKM Level 1 yang dikutip dari situs ppid.jakarta.go.id, Jumat, 27 Mei 2022.

Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19.

Baca juga: Calum Scott Gelar Konser di Jakarta, Ini Harga Tiketnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.