Ilmu Parenting yang Harus Diketahui Orangtua Baru

Ilmu Parenting yang Harus Diketahui Orangtua Baru

Menjadi orangtua baru berkat hadirnya seorang anak akan memunculkan banyak emosi sekaligus. Mayoritas pasangan akan merasa senang dan bersemangat dalam mengurus buah hati, tapi di saat yang sama juga akan mengalami kelelahan fisik hingga stres dan depresi.

Menjalankan itu semuanya tentunya tidak mudah. Ada banyak tantangan baru yang kalian hadapi. Tapi tentunya melalui proses ini perlahan-lahan kalian belajar memahami peran Mama dan Papa dalam kehidupan anak. Khususnya dalam merawat dan membimbing si Kecil. 

Anak bagaikan kertas putih kosong yang bisa dihiasi dengan coretan atau tulisan. Tulisan tersebut bisa membuat kertas menjadi indah atau sebaliknya. Nah, semua itu tergantung pada pola asuh yang orang tua terapkan kepada anak.

Ilmu parenting bukanlah cabang ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah atau bangku kuliah. Hal ini kerap mengharuskan para calon orangtua untuk melakukan hal yang menurut mereka baik berdasarkan referensi yang kadang kala tidak tepat.

Berikut ini ilmu parenting dasar yang wajib diketahui orangtua baru:

  1. Tidak ragu untuk minta bantuan
    Salah satu tips parenting anak yang perlu diketahui orangtua adalah tidak ragu untuk meminta bantuan.
    Mengurus bayi baru lahir sangat melelahkan sehingga Anda sangat disarankan memiliki bala bantuan, agar bisa bergantian mengurus Si Kecil. Bantuan tersebut bisa datang dari pasangan, orangtua, saudara, hingga menyewa jasa perawat khusus bayi alias baby sitter.
  2. Hindari perasaan salah berlebih
    Menjalankan hal yang baru memang tidak mudah dan itu tidak masalah. Sebab Mama dan Papa belum memiliki pengalaman khusus dalam merawat anak-anak sebelumnya. Ketidaktahuan ini seringkali menyebabkanmu membuat kesalahan tanpa disengaja. 
    Tidak perlu terlalu terpaku pada kesalahan yang kamu buat. Hindari perasaan negatif ini dan maafkan dirimu. Setiap orangtua pastinya membuat banyak kesalahan dalam merawat anak. Maka tidak perlu merasa terlalu terbebani karenanya.
    Ketika melakukan kesalahan, biarkan dirimu melakukan hal yang tepat pada kesempatan yang lain. Mama dapat berdiskusi dengan Papa merancang strategi terbaik yang dapat kalian gunakan bersama. 
  3. Tetap menjaga kesehatan Anda
    Sistem parenting tidak dapat berjalan dengan lancar jika Anda sendiri tidak bisa menjaga kesehatan diri.
    Maka dari itu, konsumsilah makanan bergizi atau segala jenis makanan maupun minuman yang Anda sukai. Jangan memikirkan soal penurunan berat badan terlebih dahulu. Usahakan untuk selalu tidur cukup agar terhindar dari penyakit fisik maupun mental.
  4. Menyempatkan ‘me-time’
    Demi menjaga kesehatan mental, sediakan waktu untuk sesekali menonton film, berolahraga, atau berbincang dengan teman tanpa harus mengurus bayi untuk beberapa waktu. Minta pasangan untuk bergantian mengasuh bayi sementara Anda menghabiskan ‘me-time’ tanpa diganggu.
  5. Melibatkan pasangan
    Mengurus bayi adalah tugas bersama pasangan. Selalu libatkan pasangan dalam segala hal, termasuk menentukan gaya parenting dalam keluarga.

Baca juga: Tahapan Skincare untuk Pemula yang Wajib Diketahui agar Kulit Glowing

Leave a Reply

Your email address will not be published.