Heboh! Tiket Candi Borobudur Naik jadi Rp 750.000

Heboh! Tiket Candi Borobudur Naik jadi Rp 750.000

Pemerintah berencana menaikkan tiket Candi Borobudur menjadi Rp 750.000/orang untuk turis lokal. Sementara untuk wisatawan mancanegara naik menjadi 100 dollar AS.

Kenaikan harga tiket ini bertujuan untuk membatasi jumlah pengunjung sehingga kondisi candi sebagai cagar budaya tetap lestari. 

Selain naik dengan biaya tiket yang sudah ditentukan, turis-turis juga harus menggunakan guide lokal dari warga sekitar Candi Borobudur. 

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. 

Menurut Luhut kebijakan ini dilakukan untuk membatasi kuota turis yang hendak naik ke Candi Borobudur, yakni sebanyak 1.200 orang per hari. 

“Dari jumlah itu, turis asing 100 dolar, kalau (turis) yang dalam negeri Rp 750.000. Anak sekolah diberikan kuota 25 persen setiap hari dengan membayar Rp 5.000 per orang,” ujarnya, dikutip dari Kompas.com (4/6/2022).

Harga masuk tetap sama 

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria menyebut tiket masuk Candi Borobudur tak berubah.

Harga tiket yang mencapai Rp 750.000 per orang itu bukanlah tiket masuk, melainkan tiket naik ke atas Candi Borobudur.

Edy menjelaskan, penerapan tarif khusus untuk menaiki candi itu diterapkan untuk membatasi wisatawan yang menaiki candi. Wisatawan yang naik candi harus dibatasi dengan alasan perlindungan terhadap bangunan bersejarah tersebut.

Baca juga: Pantai Jasri, wisata Pantai dengan surga bawah laut

Leave a Reply

Your email address will not be published.