Baru! Kulon Progo Punya Wisata Astronomi di Waduk Sermo

Baru! Kulon Progo Punya Wisata Astronomi di Waduk Sermo

Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengembangkan Waduk Sermo menjadi kawasan wisata asstronomi untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dan pendapatan daerah.

“Alasan utama pengembangan Waduk Sermo sebagai kawasan wisata astronomi adalah penyumbang pendapat asli daerah (PAD) kedua setelah Pantai Glagah. Kemudian, alasan lainnya, yakni lokasinya juga memungkinkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito di Kulon Progo.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito mengatakan rencana awal pengembangan wisata astronomi ini dilakukan di Kebun Teh Nglinggo-Tritis di Samigaluh.

Namun kebun teh tersebut dikembangkan menjadi geo heritage karena banyak gunung api purba.

Menurut Joko, pemilihan Waduk Sermo ini karena destinasi tersebut merupakan penyumbang nomor dua untuk pendapatan asli daerah (PAD).

Dinpar Kulon Progo menyiapkan 10 teleskop

Dinpar Kulon Progo juga telah menyiapkan sepuluh unit teleskop monokuler untuk kegiatan pemantauan benda langit, seperti bintang dan meteor. Sepuluh teleskop ini nantinya akan dimanfaatkan untuk promosi kegiatan astronomi di destinasi wisata Waduk Sermo.Selain itu, untuk melengkapi pengembangan destinasi wisata astronomi di Waduk Sermo, Dispar Kulon Progo juga mendorong pengelola wisata setempat menyiapkan paket-paket wisata yang mendukung.

Di antaranya kegiatan perkemahan di sepanjang lingkar Waduk Sermo.

Sebagai langkah realisasi pengembangan wisata astronomi, Dispar Kulon Progo telah mengawali dengan menghelat Star Camp Festival 2022 pada 28-29 Mei 2022 lalu. Kegiatan itu dilakukan untuk menunjukkan potensi Waduk Sermo sebagai destinasi wisata yang mampu mendukung kegiatan pemantauan obyek langit dan kegiatan astronomi lainnya.

Baca juga: Surga Bawah Laut dan Pantai di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.