Tema dan Makna  Logo Peringatan Hari Pancasila yang Menambah Rasa Nasionalis Kita

Tema dan Makna  Logo Peringatan Hari Pancasila yang Menambah Rasa Nasionalis Kita

Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022

Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan Hari Libur Nasional. Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Tema dan Makna Hari Lahir Pancasila 2022

Pada tahun 2022, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengelurkan surat edaran nomor 4 tahun 2022 tentang pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila 2022. BPIP menjelaskan, untuk tahun ini mengangkat tema besar “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. 

BPIP juga memberikan logo untuk Hari Lahir Pancasila yang bisa diunduh di link berikut: 

https://bpip.go.id/publikasi.php?categoryId=1083&q=

Logo Hari Lahir Pancasila tahun 2022 bergambar seperti dua telapak tangan berwarna merah dan putih yang sedang memegang bola dunia, yang bagian tengahnya adalah peta Indonesia. Pada bagian atas terdapat lambang Pancasila dengan simbol dari setiap sila. 

Sedangkan ada bendera merah putih di sebelah kanan dan kiri lambang pancasila dan dibagian bawah tangan terdapat tulisan ‘BANGKIT BERSAMA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA”.

Makna Logo Hari Lahir Pancasila

Secara eksplisit, logo Hari Lahir Pancasila memiliki makna persatuan Indonesia untuk bersama-sama membangun peradaban dunia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dari setiap sila Pancasila. 

Baca juga: Memperingati Hari Lahir Pancasila-Apakah Semua Warga Indonesia Hafal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.