Perubahan Iklim Parah: Sungai Loire di Prancis Alami Kekeringan

Perubahan Iklim Parah: Sungai Loire di Prancis Alami Kekeringan

Sungai Loire di Prancis Mengering Akibat Gelombang Panas. Gelombang panas yang melanda Eropa membuat Sungai Loire mulai mengering. Sebagian besar dasar sungai kini terlihat dengan kondisi retak-retak.

Sejumlah ahli memprediksi kekeringan yang terjadi di Sungai Loire, Prancis sebagai tanda perubahan iklim sudah di luar kendali.

Sungai Loire adalah sungai terpanjang di Prancis. Dengan panjang 1.020 kilometer (630 mi), sungai ini menyuburkan wilayah seluas 117.000 km2 (45.000 sq mi), seperlima dari seluruh Prancis.

Bermula di Pegunungan Cévennes di Département Ardèche pada ketinggian 1.350 m/4.430 kaki dekat Mont Gerbier de Jonc, dan mengalir sepanjang 1.000 km (620 mi) menempuh Nevers menuju Orléans, kemudian barat menempuh Tours dan Nantes sampai mencapai Teluk Biscay.

 Cabang sungainya meliputi Sungai Maine, Sungai Nièvre dan Sungai Erdre di tepi kanan, dan Sungai Allier, Sungai Cher, Sungai Indre, Sungai Vienne, dan Sungai Sèvre Nantaise di tepi kiri. 

Loire memberikan namanya pada département Loire, Haute-Loire, Loire-Atlantique, Indre-et-Loire, Maine-et-Loire, dan Saône-et-Loire. 

Proses tengah Lembah Loire diisi dalam daftar Situs Warisan Lingkungan Kehidupan UNESCO pada 2 Desember 2000. Tepi sungai tersebut dipenuhi oleh ladang anggur dan chateau di Lembah Loire.

Baca juga: Krisis Global Nyata, Ini Buktinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.