Pertemuan Jokowi-Megawati di Istana, Benarkah Hubungan Renggang Gegara Ganjar?

Pertemuan Jokowi-Megawati di Istana, Benarkah Hubungan Renggang Gegara Ganjar?

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pertemuan itu dilakukan sebelum pelantikan para pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Sekretariat Presiden mengungkap pertemuan itu melalui sejumlah foto.

“Sebelum melantik Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP, Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden RI ke-5 Hj. Megawati Soekarnoputri di ruang tunggu Istana Negara, Jakarta, Selasa, 7 Juni 2022,” dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Selasa (7/6).

Renggangnya hubungan gegara Ganjar?

Sebelum pertemuan ini, kabar mengenai renggangnya hubungan Megawati dan Jokowi sempat mengemuka. Kabar tersebut diasumsikan muncul setelah Jokowi menghadiri acara relawannya Pro Jokowi (Projo).

Pemicunya adalah Jokowi disebut-sebut mendukung sesama kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Padahal, Megawati belum memutuskan capres yang akan dimajukan partai dalam kontestasi kelak. Lantas, benarkah hubungan Jokowi dan Megawati renggang sebagaimana informasi yang menguar akhir-akhir ini?

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menceritakan jawaban Megawati yang hanya tersenyum sambil geleng-geleng kepala ketika dirinya menyampaikan berbagai “gorengan isu” tentang hubungan Megawati dan Jokowi.

Menurut Hasto, berbagai isu tentang hubungan Jokowi dan Mega memang sering dikeluarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Padahal, lanjut dia, Jokowi dan Megawati bahkan secara periodik bertemu membahas persoalan bangsa dan negara. Namun, diakuinya banyak pihak yang tidak mengetahui. “Semua dilakukan tertutup dalam suasana khusus agar mengalir gagasan jernih, mendalam, karena terkait masa depan bangsa dan negara,” jelas Hasto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.