Perdebatan Tiket Borobudur Seharga 750ribu/orang

Siapa yang tidak tahu Candi terbesar di Dunia berada di Indonesia tepatnya di Magelang Jawa Tengah. Peninggalan zaman prasejarah yang digunakan untuk peribadatan agama Buddha juga menjadi pusat wisata bagi wisatawan Lokal dan manca negara.

Direktur Tourism Development Center Universitas Andalas, Sari Lenggogeni, berpendapat tak menjadikan nominal harga tiket sebagai titik krusial dari kebijakan harga tiket Candi Borobudur. Sebab, jauh lebih penting memastikan kapasitas ideal pengunjung yang dapat ditampung oleh situs candi.

Saat ini hampir setiap hari Candi yang satu ini memiliki pengunjung kurang lebih 1000 orang. Sehingga akan berdampak juga pada kualitas candi dan lingkungan sekitar pada candi.

Baca Juga: Heboh! Tiket Candi Borobudur Naik jadi Rp 750.000

Umat Buddha di Indonesia menilai situs bersejarah tersebut hendaknya dikembalikan lagi ke fungsi utamanya sebagai tempat peribadatan agama Buddha ketimbang pariwisata.

Sari mengatakan, Candi Borobudur pun sudah seharusnya menjadi destinasi wisata premium karena warisan yang amat penting untuk dilestarikan. Candi Borobudur tidak cocok menjadi destinasi wisata massal karena berisiko dan akan sulit untuk mencapai pariwisata berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.