Mau Masuk Kuliah? Yuk, Intip Jurusan yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja!

Mau Masuk Kuliah? Yuk, Intip Jurusan yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja!

Untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi setelah SMA, tentu diperlukan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

Untuk memilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan, sebab ini menyangkut jenjang karir di masa depan.

Untuk mempertimbangkan jurusan yang memiliki prospek karier terbuka, siswa perlu melihat apa saja bidang yang diincar banyak perusahaan. Misalnya bidang teknologi atau teknik, kesehatan, ataupun bisnis.

Rekomendasi jurusan kuliah yang dibutuhkan dunia kerja

ataupun bisnis.

Lalu jurusan apa saja yang memiliki prospek kerja yang bagus? Berikut beberapa diantaranya: 

  1. Ilmu Komunikasi
    Jurusan ini selain memiliki banyak peminat juga lapangan pekerjaannya terbuka lebar. Di jurusan kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang perkembangan teori komunikasi dari masa ke masa dan pengaplikasiannya.
    Selain itu tentunya mahasiswa ilmu komunikasi juga mempelajari tentang pers, media massa, film, hubungan masyarakat, komunikasi antarlembaga, periklanan hingga manajemen komunikasi.
  2. Kedokteran
    Munculnya banyak virus dan penyakit saat ini membuat jurusan kedokteran menjadi jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Dunia khususnya seperti sekarang ini sangat membutuhkan banyak tenaga medis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.
  3. Teknik Informatika
    Kini semua lini sudah beralih menjadi seba digital. Perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat membuat lulusan ini akan banyak dicari oleh perusahaan. Profesi seperti programer dan sejenisnya akan dibutuhkan di dunia kerja.
  4. Astronomi
    Astronomi yang mempelajari tentang benda-benda di langit menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang bagus dan terjamin. Di bidang astronomi sendiri Indonesia perlu mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lain, sehingga negara membutuhkan tenaga ahli astronomi yang hebat.
    Peluang kerja untuk jurusan ini tak perlu diragukan, sebab ada banyak lembaga yang membutuhkan Astronom handal, contohnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 
  5. Teknik perminyakan dan pertambangan
    Jurusan teknik perminyakan dan pertambangan menjadi jurusan yang paling banyak diincar di dunia kerja. Khususnya di Indonesia, sebab kampus yang memiliki jurusan ini cukup terbatas. Tak heran bila tiap tahun jurusan ini memiliki peminat yang selalu banyak.  
    Umumnya mahasiswa lulusan teknik perminyakan dan pertambangan, akan diincar banyak perusahaan besar yang siap memberikan karir yang bagus dan tentu gaji yang besar. Sebab bekerja di perusahaan ini tidaklah mudah. 

Baca juga: Instagram Atau Tiktok Untuk Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.