SBY dan AHY Bertemu Suya Paloh, Bahas Apa?

SBY dan AHY Bertemu Suya Paloh, Bahas Apa?

SBY dan Surya Paloh bertemu di DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2022). Pertemuan itu berlangsung selama 3 jam, dimulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. 

Paloh didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Johnny G Plate dan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Nasdem Prananda Surya Paloh. 

Sementara, SBY didampingi Ketua Umum Demokrat yang juga putra sulungnya, AHY.

Bagaimana pendapat pengamat?

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menilai pertemuan antara Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bisa membuka peluang hadirnya poros baru dalam Pemilu 2024.

“Merupakan langkah progresif dari Partai Demokrat yang selama ini dipojokkan oleh pemerintahan saat ini sebagai oposisi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin, 6 Juni 2022.

Isi pertemuan SBY dan Surya Paloh

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate mengungkap sejumlah isi pertemuan antara Ketua Umum Surya Paloh dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Minggu (5/6) malam.

Plate menyebut keduanya saling sapa terkait kondisi kesehatan masing-masing. SBY diketahui belum lama menjalani perawatan di AS selama beberapa bulan hingga akhir Desember 2021 lalu.

SBY dan Paloh, kata Plate, juga sempat bernostalgia saat keduanya pernah bersama sebelum dan selama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2004. Mereka juga mendiskusikan perjalanan Bangsa menghadapi pandemi Covid-19 hingga situasi geopolitik terakhir soal perang Rusia dan Ukraina.

Plate tak membantah bahwa Paloh dan SBY juga mendiskusikan situasi politik nasional terakhir menjelang Pemilu dan Pilpres 2004. Keduanya berkomitmen agar Pemilu 2024 dilalui dengan tanggung jawab dan berjalan dengan baik.

“Sharing pandangan dan telaahan atas perkembangan situasi politik nasional khususnya menjelang Pileg, Pilpres dan Pilkada Serentak 2024 yang harus dikelola dengan penuh tanggung jawab agar berjalan dengan baik dan sukses,” kata Plate.

Baca juga: Jokowi Mengajak PM Australia Bersepeda Menggunakan Sepeda Bambu

Leave a Reply

Your email address will not be published.