Ridwan Kamil Izinkan Masyarakat Ziarah ke Makam Eril, Ini Aturannya

Ridwan Kamil Izinkan Masyarakat Ziarah ke Makam Eril, Ini Aturannya

Proses pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, telah selesai dilaksanakan, Senin (13/6/2022) pagi hingga pukul 12.00 WIB, di lahan milik keluarga yang terletak di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Proses pemakaman ini hanya diikuti oleh pihak keluarga dekat, handai tautan, serta sejumlah tamu undangan, karena adanya keterbatasan tempat dan demi khidmatnya proses pemakaman berlangsung.

Pihak keluarga mengizinkan masyarakat untuk melakukan ziarah dan mendoakan jenazah Eril di tempat peristirahatan terakhirnya.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh perwakilan pihak keluarga, Erwin Muniruzzaman.

“Setelah selesai acara pemakaman, diperkirakan selesai mungkin sekitar tengah hari, baRidwan Kamil Izinkan Masyarakat Ziarah ke Makam Eril, Ini Aturannya

gi yang ingin berdoa atau ziarah kubur itu dipersilakan setelah selesai seluruh rangkaian acara penguburan yang dihadiri oleh keluarga,” kata Erwin dalam keterangan pers, Sabtu (11/6/2022).

Aturan ziarah ke makam Eril

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Jawa Barat, Wahyu Mijaya mengatakan bahwa warga diperbolehkan untuk mendoakan atau ziarah kubur secara langsung di pemakaman Eril, setelah prosesi atau acara pemakaman selesai dilakukan.

“Di lokasi pemakaman masih dibuka bagi bapak, ibu masyarakat atau siapapun yang berkenan untuk berziarah kubur mendoakan. Itu akan dibuka sampai sebelum Magrib, diperkirakan pukul 17.45 WIB masih diperkenankan untuk ziarah kubur,” kata dia dalam konferensi pers daring, Sabtu (11/6/2022).

Selain itu, masyarakat juga masih diperkenankan untuk berziarah di makam Eril mulai tanggal 14-19 Juni 2022 mendatang dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Adapun beberapa aturan berziarah yang disebutkan oleh pihak keluarga di makam almarhum Eril adalah sebagai berikut:

  1. Setiap tamu yang akan bertakziah dihimbau untuk melapor ke petugas keamanan.
  2. Pelaksanaan shalat jenazah akan bertahap dilaksanakan pada Minggu 12 Juni pukul 22.00 WIB – Senin 13 Juni pukul 08.00 WIB.
  3. Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara. Kami mohon simpati dan empatinya.
  4. Untuk media yang bertugas, berkoordinasi dengan Humas Jabar terlebih dahulu.
  5. Kepada para tamu yang akan hadir pada pemakaman diharapkan: hadir sebelum pukul 10.00 WIB dan efektif dalam penggunaan kendaraan agar tidak menimbulkan kemacetan.
  6. Bagi masyarakat yang hendak ziarah, bisa dilaksanakan setelah proses pemakaman selesai.
  7. Setiap tamu yang akan berkunjung dan hadir di lokasi harap mematuhi semua aturan yang berlaku.

Baca juga: Jenazah Eril Akhirnya Ditemukan setelah 14 Hari Pencarian

Leave a Reply

Your email address will not be published.