Manfaat Sereh yang Baik untuk Tubuh

Manfaat Sereh yang Baik untuk Tubuh

Serai atau sereh adalah tanaman yang biasa digunakan untuk bumbu masak hingga obat. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan memiliki tangkai. Sereh punya aroma unik seperti lemon segar dan rasa jeruk.

Serai mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (Folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Tidak hanya vitamin dan mineral, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Manfaat sereh untuk tubuh

Ada beberapa manfaat serai seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa sakit. Minyak atsiri dari bahan serai ini bisa mengusir nyamuk, menyegarkan udara, dan mengurangi stress.

Berikut beberapa manfaat dari serai:

  1. Mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang
    Minuman dari bahan serai mengandung antimikroba yang baik untuk tubuh. Dari penelitian yang diterbitkan Journal National Institutes of Health, minyak esensial dari sereh memiliki kemampuan melawan mikroba. Penelitian tersebut menemukan kandungan antimikroba bisa melawan Streptococcus mutans. Bakteri tersebut dapat merusak gigi berlubang.
    Serai bisa digunakan sebagai obat penyembuh luka dan infeksi. Kandungan antimikroba ini bermanfaat untuk mencegah infeksi kulit, infeksi darah, infeksi usus, dan paru-paru.
  2. Mengobati penyakit kulit
    Sereh memiliki sifat antijamur sehingga efektif untuk pencegahan penyakit kulit. Mengutip dari healthline.com, minyak serai efektif mencegah penularan jamur di area kulit.
    Penelitian menemukan 2,5 persen larutan minyak serai efektif melawan jamur. Sifat antijamur ini efektif mencegah jenis jamur yang menyebabkan kurap dan gatal di selangkangan.
  3. Kaya Antioksidan
    Antioksidan bisa melawan radikal bebas yang merusak sel. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung antioksidan. Antioksidan dalam serai yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonica. Kandungan ini bisa membantu mencegah kelainan fungsi sel di dalam pembuluh darah jantung.
    Penelitian tahun 2015, menemukan serai bisa dijadikan obat kumur. Obat kumur ini mengandung antioksidan yang bisa digunakan untuk terapi radang gusi.
  4. Mengurangi peradangan
    Serai mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis bisa menyebabkan penyakit seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker.
  5. Mengurangi diare
    Diare sering kali menyebabkan masalah bagi beberapa orang. Penyakit ini bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Diare bisa disembuhkan ketika mengkonsumsi obat diare.
    Tetapi beberapa obat diare punya efek samping seperti sembelit. Sereh bisa menjadi obat alami mengurangi diare. Anda bisa membuat minuman hangat dari serai untuk mengobati diare.
  6. Mencegah naiknya kolesterol
    Daun dan akar serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat.
    Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rutin teh serai, telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
  7. Detoksifikasi
    Manfaat sereh lainnya yaitu dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh serai juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.
  8. Mengobati Insomnia
    Manfaat selanjutnya, sereh didapuk berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia.
    Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

Baca juga: Ini Bunda, Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Selain Susu

Leave a Reply

Your email address will not be published.