Ini Bunda, Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Selain Susu

Ini Bunda, Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Selain Susu

Memenuhi asupan kalsium sangatlah penting, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kalsium merupakan salah satu mineral yang berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Mineral satu ini sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang, fungsi kerja otot, sel, dan saraf dalam tubuh manusia.

Orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.000 mg setiap harinya. Sementara itu, lansia berusia di atas 50 tahun membutuhkan sekitar 1.200 mg kalsium per hari. Jika kebutuhan kalsium tersebut tidak terpenuhi, risiko kekurangan kalsium pun dapat terjadi.

Manfaat kalsium untuk tubuh

Manfaat kalsium untuk tubuh

  • Mengatur kontraksi otot 
  • Berperan penting dalam proses pembekuan darah 
  • Mencegah kanker usus besar 
  • Membantu perkembangan janin di dalam kandungan 

Makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu

Susu dikenal dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Namun, tak hanya susu, ada beragam makanan mengandung kalsium yang juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain tulang, kalsium juga baik untuk menjaga fungsi otot, saraf, dan jantung.

Berikut makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu:

  1. Keju
    Produk olahan susu ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Mengonsumsi keju juga dapat menjadi alternatif bagi orang yang memiliki alergi akan protein susu. Cukup campurkan keju ke dalam menu makanan sehat setiap harinya, maka kebutuhan kalsium harianmu akan terpenuhi. 
  2. Ikan sarden
    Ikan sarden merupakan salah satu makanan dengan kandungan kalsium tinggi. Selain kaya akan kalsium, ikan sarden juga mengandung protein dan omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan kulit.
    Oleh karena itu, untuk memenuhi asupan kalsium, Anda bisa menambahkan ikan sarden ke dalam menu harian Anda.
  3. Ikan teri
    Selain sarden, ikan yang juga mengandung banyak kalsium yaitu ikan teri. Sama seperti sarden, ikan teri mengandung kalsium yang terdapat dalam tulangnya.
    Saat Anda memakan ikan teri, Anda juga makan tulang ikan teri secara langsung. Dari sinilah Anda mendapatkan asupan kalsium dalam ikan teri.
  4. Bayam
    Mudah didapat dan tinggi serat, siapa sangka jika bayam termasuk dalam makanan sumber kalsium. Ya, sayuran berdaun hijau ini dapat menyumbang sekitar 200 miligram kalsium, jika kamu mengonsumsinya secara rutin, lho.
  5. Brokoli
    Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang dikenal sangat baik untuk kesehatan. Di dalam 50 gram brokoli, terdapat sekitar 30 mg kalsium.
    Makanan mengandung kalsium ini dapat Anda konsumsi sebagai camilan dengan merebusnya terlebih dahulu. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu lama merebusnya agar kandungan vitamin dan mineral di dalamnya masih terjaga.
  6. Kale
    Kale juga merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalsium. Dalam 128 gram kale yang sudah dimasak, kandungan kalsiumnya mencapai 179 miligram.
    Selain itu, kale juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.
  7. Pakcoy
    Pakcoy merupakan sayuran yang tinggi akan kalsium, magnesium, dan vitamin K. Anda bisa mendapatkan manfaat dari makanan mengandung kalsium ini dengan cara menumis, mengukus, atau merebusnya.
  8. Kacang kedelai
    Penyuka kacang-kacangan tentu tak asing lagi dengan kacang yang satu ini. Selain sebagai makanan sumber protein yang, kacang kedelai juga ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 261 miligram dalam setiap 1 cangkirnya.
  9. Selada
    Anda mungkin sering menemukan sayuran ini dalam salad atau sebagai hiasan makanan. Tak kalah dengan sayuran hijau lainnya, selada juga mengandung banyak nutrisi yang baik, salah satunya yaitu kalsium.
    Terutama bila Anda sedang menjalani pola makan yang tinggi serat, Anda bisa bantu memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi selada. Dalam 50 gram selada, terkandung kalsium sebanyak 19 miligram.
  10. Jeruk
    Dikenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, jeruk juga ternyata masuk ke dalam daftar makanan sumber kalsium selain susu. Kandungan kalsium dalam satu buah jeruk adalah sekitar 65 miligram.

Baca juga: Resep Rendang Daging Sapi yang Bisa Dibuat di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.