Kasus Positif Covid-19 Naik Lagi, Ini Instruksi Jokowi

Kasus Positif Covid-19 Naik Lagi, Ini Instruksi Jokowi

Kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat akhir-akhir ini. Bahkan, 4 hari berturut-turut, kasus COVID-19 di Indonesia di atas angka seribu.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Konfirmasi positif virus corona (Covid-19) bertambah 1.180, Senin (20/6), dengan demikian akumulasi kasus Covid-19 di Indonesia sejak pasien pertama diumumkan pada Maret 2020 kini menjadi 6.069.255.

Kementerian Kesehatan yakin tidak akan terjadi gelombang ke empat COVID-19.

“Peningkatan kasus terus dimonitor perkembangannya, tapi untuk adanya gelombang, nampaknya tidak terjadi, karena kita punya kekebalan yang cukup tinggi di masyarakat,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi, Minggu (19/6/2022).

Siti Nadia meminta agar masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan. Khususnya bagi kelompok rentan terkena virus Corona.

“Oleh karena itu, kita mengimbau prokes harus tetap dijalankan, masker tetap dipakai ketika aktivitas di ruang terbuka, dan pada orang yang tentan seperti lansia, anak di bawah enam tahun,” katanya.

Instruksi Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo menyatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih terkendali meski ada sedikit kenaikan kasus dalam beberapa waktu terakhir. Demikian disampaikan Jokowi via akun Instagram resmi, Jumat (10/6/2022).

“Saat ini, positivity rate Covid-19 di Indonesia di angka 1,15%, di bawah standar yang ditetapkan WHO sebesar 5%,” ujarnya.

Indikator lainnya yaitu laju transmisi 1,03 per 100 ribu penduduk per minggu, juga masih terkendali. Menurut Jokowi, angka itu berada jauh di bawah standar WHO yakni 20 per 100 ribu penduduk per minggu.

“Meskipun demikian, saya mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada. Saya meminta masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi penguat atau booster bagi yang belum menerima,” ujar Jokowi.

Baca juga: Covid 19 Jakarta Paling Tinggi, 19 Juni 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.