Jokowi Mengajak PM Australia Bersepeda Menggunakan Sepeda Bambu

Jokowi Mengajak PM Australia Bersepeda Menggunakan Sepeda Bambu

Presiden Joko Widodo mengaku gembira dengan kunjungan Perdana Menteri terpilih Australia, Anthony Albanese, ke Indonesia. Sebab, Indonesia menjadi negara tunjuan kunjungan bilateral perdana Albenese setelah dilantik sebagai perdana menteri ke-31 Australia pada 23 Mei lalu.

Pada pertemuan ini, kedua negara membahas isu besar mulai dari bilateral, ekonomi, hingga perkuat pangan di tengah krisis akibat perang Rusia-Ukraina. 

Ada yang menarik dalam rangkaian penyambutan resmi Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (6/6/2022).

Momen Jokowi dan PM Australia naik sepeda bambu

Usai melakukan kegiatan penanaman pohon, Presiden Joko Widodo mengajak PM Albanese untuk bersepeda pagi. Dari Istana Kepresidenan Bogor, kedua pemimpin menaiki sepeda bambu menuju Resto Raasaa yang terletak di Kebun Raya Bogor.

“Karena cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan, saya kira kita harus memulai menyampaikan pesan betapa pentingnya kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan. Kemudian, ini memang rute yang biasa saya pakai untuk olahraga,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor sebagaimana dilansir YouTube Sekretariat Presiden.

Sementara itu, PM Albanese mengatakan bahwa pengalaman bersepeda tersebut adalah pengalaman yang luar biasa dan menganggapnya sebagai sebuah kehormatan besar. “Selamat pagi, itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya menganggap sebagai kehormatan besar bahwa Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman botani ini,” ujarnya.

Menurutnya, Presiden Jokowi bahkan menawarkan agar sepeda bambunya dibawa ke Australia. “Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia dan Anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra,” kata PM Albanese.

Berikut momen pertemuan Presiden Joko Widodo dengan PM Australia Anthony Albanese yang diunggah oleh twitter pribadi presiden.

Baca juga: Jokowi Minta Perluasan Ekspor ke Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published.