Bongkar Pasang Menteri Jokowi di Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Bongkar Pasang Menteri Jokowi di Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi telah melakukan perombakan (reshuffle) kabinet pada hari ini. Hal itu ditandai dengan pelantikan dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Turut hadir para menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Airlangga Hartarto dan ketua umum partai politik pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf antara lain Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar sampai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh.

Presiden Joko Widodo mencopot sejumlah menteri dan wakil menteri dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju dan mengangkat beberapa orang baru untuk membantunya dalam kerja-kerja pemerintahan. 

Jokowi memutuskan kocok ulang atau reshuffle kabinet dan mengumumkannya di Istana Negara pada hari ini, Rabu (15/6).

Jokowi menunjuk dua nama baru untuk menggantikan menteri yang dicopot. Salah satunya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Pria yang akrab disapa Zulhas itu akan menggantikan Mendag sebelumnya Muhammad Luthfi.

Lalu terdapat nama mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi akan menggantikan Sofyan Djalil yang telah menduduki jabatan itu sejak 2016 lalu.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dicopot Jokowi:

Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

Menteri ATR/BPN: Sofyan Djalil

Wakil Menteri ATR/BPN: Surya Tjandra

Berikut nama-nama baru menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju:

Menteri Perdagangan: Zulkifli Hasan

Menteri ATR/BPN: Hadi Tjahjanto

Wamen ATR/BPN: Raja Juli Antoni

Wamendagri: John Wempi Watipo

Wamenaker: Afriansyah Noor

Baca juga: Resuffle Kabinet, Ini Nama Menteri yang Dipanggil Jokowi ke Istana

Leave a Reply

Your email address will not be published.