Aksi Roy Suryo Unggah Foto Stupa Berwajah Jokowi Tuai Kecaman

Aksi Roy Suryo Unggah Foto Stupa Berwajah Jokowi Tuai Kecaman

Roy Suryo kembali membuat sensasi. Di akun Twitternya, mantan Menpora itu mengunggah foto editan stupa Borobudur mirip Jokowi.

Unggahan di akun twitter Roy Suryo itu diketahui bertanggal Jumat (10/6) lalu. Dalam unggahan itu, Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke candi Borobudur jadi Rp 750 ribu.

“Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x 🤣 AMBYAR,” cuit Roy Suryo.

Unggahan ini ramai dikritik karena dinilai menghina agama Buddha dan Jokowi. 

Roy menyebutkan, meme tersebut tidak dibuat oleh dirinya langsung melainkan oleh akun lain di Twitter. lewat akun Twitter-nya, @KRMTRoySuryo2, Roy hanya mengunggah ulang meme tersebut.

“Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap ‘mengedit’ krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close,” jelas Roy di Twitter dikutip Selasa, 14 Juni. 

Postingan Roy Suryo melukai umat Buddha

Pegiat media sosial Yusuf Muhammad sebelumnya mengkritik unggahan Roy karena telah mencederai hati umat Buddha sebagai pemeluk agama yang memakai seluruh simbol di Borobudur untuk tempat ritual ibadah. 

“Menghina penganut agama Buddha, dan sekaligus menghina kepala Negara Republik Indonesia,” ujar Yusuf dalam akun Twitternya.

Selain itu, Roy juga dianggap Yusuf telah melakukan pencemaran nama baik kepada kepala negara. Roy memposting stupa ornamen tubuh candi dengan wajah diduga mirip kepala negara. 

Baca juga: Heboh! Tiket Candi Borobudur Naik jadi Rp 750.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.