5 Tips Mengatasi GERD Secara  Alami

5 Tips Mengatasi GERD Secara  Alami

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Normalnya, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna.

Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Namun pada penderita GERD  katup ini melemah, sehingga tidak dapat menutup dengan baik.

Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan. Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Tips-tips mengatasi GERD agar tidak semakin parah

Berikut ini tips mengatasi asam lambung yang naik.

  1. Jangan makan berlebihan
    Salah satu langkah yang akan membantu meminimalkan refluks asam lambung ini adalah menghindari makan dalam porsi besar.
  2. Menurunkan berat badan
    Beberapa studi observasi menunjukkan bahwa berat badan berlebih di area perut meningkatkan risiko refluks dan GERD. Di sisi lain, beberapa studi menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat meredakan gejala refluks. Menurunkan berat badan harus menjadi salah satu prioritas Anda jika Anda hidup dengan refluks asam lambung.
  3. Tinggikan sandaran kepala tempaat tidur
    Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien yang mengangkat kepala tempat tidur mereka memiliki episode dan gejala refluks yang jauh lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang tidur tanpa elevasi. Selain itu, analisis studi terkontrol menyimpulkan bahwa mengangkat kepala tempat tidur adalah strategi yang efektif untuk mengurangi gejala refluks asam dan heartburn di malam hari.
  4. Hindari bawang mentah
    Sebuah studi pada orang dengan refluks asam menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung bawang merah atau bawang bombai mentah secara signifikan dapat meningkatkan heartburn, refluks asam, dan bersendawa dibandingkan dengan makanan serupa yang tidak mengandung bawang. Lebih sering bersendawa mungkin menunjukkan bahwa lebih banyak gas diproduksi karena tingginya jumlah serat yang dapat difermentasi dalam bawang merah. Bawang mentah juga dapat mengiritasi lapisan esofagus, menyebabkan heartburn yang semakin parah.
  5. Kunyah permen karet
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi keasaman di kerongkongan. Permen karet yang mengandung bikarbonat tampaknya sangat efektif untuk khasiat tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dan peningkatan produksi air liur yang terkait dapat membantu membersihkan esofagus dari asam. Namun, itu mungkin tidak mengurangi refluks itu sendiri.

Baca juga: Terkuak! Ini Alasan Jiyoon Keluar dari Grup Weekly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.